Pilih Material Yang Tepat Untuk Membangun Rumah Minimalis

Rumah merupakan tempat tinggal yang banyak diidamkan oleh anda yang baru berkeluarga. Membangun atau memiliki rumah dari biaya sendiri menjadi hal yang tentunya anda harapkan dengan keluarga baru anda setelah anda meninggalkan rumah masa kecil anda.

Memiliki rumah merupakan sebuah kebanggaan dan kebutuhan tersendiri. Oleh karena itu, banyak yang ingin membangun rumah dengan berbagai model.

Salah satu model yang sering dijadikan patokan membangun rumah sederhana adalah model Minimalis. Model ini banyak menjadi pertimbangan sebab harga bangun rumah minimalis dapat dikatakan sangat terjangkau.

Pilih Material Yang Tepat Untuk Membangun Rumah Minimalis
Pilih Material Yang Tepat Untuk Membangun Rumah Minimalis

Berikut ini material yang bisa anda pertimbangkan untuk membangun rumah minimalis :

1. Dinding

Dinding menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dilepaskan dari rumah tinggal. Selain sebagai perlindungan terhadap cuaca, dinding rumah juga menjadi penyangga bagi bagian atap rumah.

Ada banyak pilihan yang bisa anda pertimbangan untuk bagian ini. Untuk meminimalisir harga bangun rumah minimalis, anda bisa memilih material berupa batako. Jika anda menginginkan kesan modern, material kalsiboard atau grc board juga bisa menjadi pilihan. 

Bagi anda yang menyukai nuansa etnik, atau kesan natural anda bisa memilih dinding dari kayu atau bambu. Tentu saja, material ini tidak seawet material lain sebab kayu dan bambu rawan pelapukan.

Material lain yang bisa anda pertimbangkan adalah batu bata tanpa dicat atau di aci. Material tembok ini memberikan kesan minimalis yang lebih alami.

2. Atap

Atap rumah minimalis biasanya tidak memiliki banyak model, serta kemiringan yang hampir datar. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan untuk rangka atap. Selain itu, material rangka juga lebih cenderung menggunakan material yang tidak terlalu mahal seperti kayu atau baja ringan.

Selain itu, material untuk atap juga lebih tepat menggunakan bahan-bahan ringan yang tidak membebani rangka seperti atap dari baja ringan, atap kanopi, bahkan bila memungkinkan anda bisa memilih atap dari jerami kering. Namun tentu saja, lokasi pembangunan rumah anda juga harus sesuai dengan yang anda usung, misal di daerah kaki gunung atau tepi pantai yang jauh dari keramaian.

3. Lantai

Lantai menjadi hal lain yang tidak boleh diabaikan. Jika keramik memberikan kesan modern, anda bisa memilih lantai plester semen untuk mendapatkan kesan minimal yang elegan. Pastikan alas rumah anda tetap diplester dengan halus, selain agar nyaman juga akan memberikan kesan yang baik.

Pilihan lain yang menarik dan tetap memiliki harga bangun rumah minimalis yang terjangkau adalah memanfaatkan lantai ubin atau batu alam. Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan material bekas seperti potongan-potongan batu atau ubin untuk disusun menjadi model abstrak. 

Cara lain memperlihatkan rumah minimalis anda adalah dengan memilih material kayu. Lantai dari susunan kayu memberikan nuansa yang minimalis, namun tetap elegan. Ada berbagai jenis kayu yang bisa anda pilih tergantung harga bangun rumah minimalis yang anda siapkan.

4. Halaman

Rumah minimalis umumnya tidak memiliki halaman yang luas, bahkan hampir tidak terdapat taman. Bagian depan rumah sering hanya tersisa lahan kecil yang umumnya dimanfaatkan untuk area parkir mobil.

Jika anda menginkan tetap ada halaman, setidaknya sisakan lahan 1-2 meter di depan ruang tamu atau di seberang pintu depan anda. Panjangnya bisa menyesuaikan lahan yang anda. Tanaman yang ditanam juga dapat diletakan dalam pot-pot kecil, dan tentunya bukan tanaman besar. Dapat juga anda memanfaatkan untuk tanaman obat atau tanaman dapur seperti cabai dan tomat.

Semoga sedikit informasi dari ajwa.web.id ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin membangun rumah minimalis